transportasi publik

Transportasi merupakan komponen utama dalam kehidupan pemerintah maupun masyarakat. Sedangkan transportasi publik merupakan transportasi yang bersifat umum seperti bus, kereta api, pesawat, kapal, dan lain sebagainya.

Macam-macam transportasi terbagi menjadi 3 macam yaitu transportasi udara, yang terdiri dari peasat terbang. Transportasi laut, yang terdiri dari kapar feri. Transportasi darat, yaitu terdiri dari mobil, motor, kereta api, sepeda, becak, delman, bemo, bus. Macam-macam transportasi tersebut ada yang bersifat umum atau pribadi.

Akhir-akhir ini keberadaan transportasi yang semakin meningkat menimbulkan kurangnya kenyamanan, keamanan dan biaya transportasi yang tinggi serta keterjangkauan transportasi. Tingkat kepadatan penduduk juga memiliki pengaruh transportasi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Di perkotaan cenderung meningkat jumlah penduduknya diakibatkan meningkatnya angka kelahiran dan banyaknya urbanisasi, sehingga secara langsung maupun tidak langsung mengurangi daya saing dari transportasi.

Selain permasalahan tersebut dengan munculnya transportasi publik yang begitu meningkat menimbulkan kemacetan di jalan-jalan. Apalagi perkembangan transportasi berupa mobil dan motor semakin meningkat, maka masyarakat pun lebih banyak menggunakan kendaraan sendiri daripada kendaraan umum. Padahal jika masyarakat lebih banyak menggunakan kendaraan umum maka kemacetan lalu lintas pun akan sedikit teratasi. Dan yang terakhir yaitu masalah polusi udara yang ditimbulkan dari asap transportasi, sehingga kita harus pandai memilih kendaraan yang ramah lingkungan atau menggunakan kendaraan seperlunya saja untuk mengurangi pemanasan global dan polusi udara, karena efeknya pada kesehatan pernafasan kita.

Transportasi memiliki berbagai dampak positif dan negatif. Dilihat dari segi dampak positifnya, kita dapat dengan cepat melakukan aktivitas dengan menggunakan alat transportasi yang tersedia. Kemudian dari dampak negatifnya, dengan munculnya berbagai macam transportasi tak sedikit yang mengalami kecelakan khususnya transportasi darat yang sering terjadi kecelakaan.

Sumber Bacaan

Susantoro, Bambang & Danang Parikesit, “1-2-3 Langkah: Langkah Kecil yang Kita Lakukan Menuju Transportasi yang Berkelanjutan,”Majalah Transportasi Indonesia,Vol. 1, Jakarta, 2004:89-95

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s